Writing your first Delphi program

Delphi memungkinkan Anda untuk membuat GUI (Graphical User Interface) atau Console (teks saja) aplikasi (program) bersama dengan banyak jenis aplikasi lainnya.
Delphi tidak banyak bekerja untuk kita – programmer hanya menggunakan mouse untuk klik, drag, bagian-bagian ukuran dan posisi grafis untuk membangun setiap layar aplikasi.

Setiap bagian (atau elemen) dapat pasif (menampilkan teks atau grafis), atau aktif (merespon mouse pengguna atau tindakan keyboard).

Membuat Program Sederhana ‘Hello World’

Ketika Anda pertama kali menjalankan Delphi, akan mempersiapkan pada layar sebuah aplikasi grafis baru. Ini terdiri dari sejumlah jendela, termasuk menu bar, editor kode, dan layar pertama (bentuk) dari program kita atau kita sebut saja dengan istilah FORM
Form pertama ini terlihat seperti ini:

Kita bisa menentukan ukuran form sendiri dengan mendrag batas form. Form yang terlihat kosong ini bisa kita menambahkan bermacam macam kontrol dan informasi. Perhatikan Menu toolbar di bawah ini :

adapun tab groups itu terdiri dari : Standard, Additional, Win32 and so on.
Kita rencananya mencoba memasukan teks label, maka pilih tab standar pilih gambar A dan akan terlihat seperti gambar di atas. setelah terlihat tersorot drag dan klik ke atas form maka akan tempil sebagai berikut:

Mengubah properti elemet grapis
Perhatikan bahwa elemen grafis berisi teks Label1. Teks disebut Caption, dan akan muncul ketika kita menjalankan aplikasi. Keterangan ini disebut Properti label. Label memiliki sifat lainnya seperti tinggi dan lebar, tetapi untuk sekarang, kita hanya berkepentingan dengan judul.
terlihat disebelah kanan windows ada Object Inspector (terlihat dibawah View menu item ):

Menambahkan elemen layar aktif
Jika sekarang kita kembali ke koleksi Standar elemen grafis, dan pilih tombol, ditampilkan sebagai tombol yang sangat kecil dengan OK di atasnya, kita bisa menambahkan ini ke form juga:


Kita sekarang memiliki label dan tombol di formulir. Tapi tombol akan melakukan apa-apa ketika ditekan sampai kita mengatakan Delphi apa yang kita inginkan.

Jadi kita harus menetapkan suatu tindakan, yang disebut Event, misalnya, tombol. Acara utama untuk tombol adalah Klik. Hal ini dapat diaktifkan hanya dengan mengklik ganda tombol pada form.

Ini secara otomatis akan menambahkan sebuah acara yang disebut OnClick untuk tombol, dan menambahkan pengendali event terkait dalam kode program:

Kita harus menambahkan beberapa kode. Kode yang kita tambahkan akan dijalankan ketika tombol diklik. Jadi mari kita ubah label keterangan ketika tombol ditekan.
Seperti yang kita ketik, Delphi membantu kita dengan sebuah daftar pilihan yang mungkin untuk item yang kita kerjakan. contohnya kita memberi keterangan Label:

Di sini Anda melihat bahwa Delphi telah mencatatkan seluruh tindakan yang layak mulai dengan ca. Jika kita tekan Enter, Delphi akan menyelesaikan item yang dipilih saat ini dalam daftar.kita menetapkan nilai teks ‘Hello World‘ ke properti keterangan. Perhatikan bahwa kita mengakhiri baris kode dengan; – semua kode Delphi laporan akhir dengan indikator ini. Hal ini memungkinkan kita untuk menulis sebuah perintah yang tersebar di beberapa baris yang berisi properti/ fungsi masing masing yang tersedia objek di delphi.

Dan sekarang kita sudah selesai dengan kode sederhana untuk mengganti teks pada label dengan teks “Hello world” ketika tombol di tekan.
Menjalankan Program Pertama
Untuk menjalankan program ini, kita bisa klik pada segitiga Hijau (seperti tombol play video), atau tekan F9. Ketika program berjalan terlihat seperti ini:

Ketika tombol di klik akan tampil serperti gambar dibawah ini:

dan program kita telah mengeset teks Label seperti yang kita minta.
Perhatikan bahwa program ini masih berjalan. Klik X untuk mengakhiri program dan akan menampilkan form untuk siap di edit kembali.
Melihat kode yang dihasilkan Delphi
Mari kita lihat kode program utama. komentar ( dimulai / / ) diabaikan oleh compiler Delphi, tetapi membantu koder memahami kode. Anda dapat klik pada kata apapun properti objek untuk melihat informasi referensi untuk kata itu:

unit Unit1;

interface

uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs, StdCtrls;

type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel; // The label we have added
Button1: TButton; // The button we have added
procedure Button1Click(Sender: TObject);
private
{ private declarations }
public
{ public declarations }
end;

var
Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

// The button action we have added
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
Label1.Caption := 'Hello World'; // Label changed when button pressed
end;

end.

Kode ini disebut Unit dan adalah modul Delphi – salah satu potongan kode. Jika Anda menyimpan kode ini, akan menyimpan dalam sebuah file yang bernama Unit1.pas – file Pascal.

Unit ini terdiri dari dua bagian utama – bagian antarmuka, yang memberitahu apa unit tidak. Dan implementasi yang memegang bagian kode yang mengimplementasikan antarmuka. Klik pada kata kunci unit dalam kode untuk belajar lebih banyak tentang unit referensi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s